15 Komposer Musik Klasik yang Terkenal di Dunia

Komposer Musik Klasik Dunia – Jika membicarakan musik klasik, maka tokoh yang paling sering kita dengar adalah Beethoven. Namun tahukah kamu masih banyak sekali komposer musik klasik yang juga memiliki karya mengagumkan selain Beethoven? Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut siapa saja tokoh komposer musik yang cukup terkenal, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan komposer.

Arti kata komposer sendiri mengacu kepada orang yang menulis koposisi musik instrumental maupun vocal, baik itu dalam format solo, duo, trio, quartet, qwintet, hingga orkestra. Untuk menjadi seorang komposer musik bbukanlah pekerjaan yang mudah.

Seorang komposer harus dapat menyelaraskan nada supaya menjadi irama musik yang bagus dan juga harus peka terhadap bunyi not.

Berikut komposer-komposer musik yang paling dikenal dalam sejarah:

Johann Sebastian Bach
Photo by pixabay.com

Johann Sebastian Bach (21 Maret 1685 – 28 Juli 1750) merupakan seorang komposer yang berasal dari Jerman. Ia banyak mengembangkan dan menggubah musik untuk jenis alat musik organ, harpsichord, clavichord, dan orkestra. Brandenburg Concerto adalah karya yang paling terkenal yang dibuat oleh Johann Sebastian Bach.

Selama hidupnya, Bach telah menggubah sebanyak lebih dari 1000 karya. Para musikolog membagi keseluruhan komposisi musik Bach menjadi lima masa. Jika dibandingkan, keseluruhan komposisi musik tersebut memperlihatkan perbedaan gaya yang cukup signifikan. Lagu yang dibuat oleh Bach cukup terlihat berbeda karena lagu yang dibuatnya ditujukan untuk Tuhan.

  • Georg Friedrich Handel

komposer musik klasik dunia
Photo by idntimes.com

Georg Friedrich Handel (23 Februari 1685 – 14 April 1759) merupakan seorang komposer musik asal Jerman. Meskipun dilahirkan di Jerman, ia menghabiskan sebagian masa hidupnya di Britania Raya. Handel berhasil menciptakan musik terkemuka oratorio, concerti grossi, dan opera. Diantara karya musiknya yang terkenal antara lain Messiah, Water Musik, dan Fireworks Musik. Handel juga komponis musik yang banyak diagungkan oleh berbagai gerakan seperti Anglikan, Protestan, dan Katolik.

  • Franz Joseph Haydn

komposer musik klasik dunia
Photo by classicaltalk.blogspot.com

Franz Joseph Haydin (31 Maret 1732 – 31 Mei 1809) merupakan salah satu komposer yang cukup membawa pengaruh besar dari zaman klasik. Berkat keahliannya, Franz Haydin dijuluki sebagai “Bapak Kuartel Gesek” atau “Bapak Simponi”.

Franz Haydin banyak menghabiskan waktunya sebagai musikus untuk keluarga Eszterházy di Austria. Ia juga memiliki saudara laki-laki seorang komponis terkenal bernama Michael Haydin dan juga saudara laki-laki lainnya seorang penyanyi tenor terkenal bernama Evangelist Haydin.

  • Wolfgang Amadeus Mozart

Wolfgang Amadeus Mozart
Photo by grid.id

Wolfgang Amadeus Mozart (27 Januari 1756 – 5 Desember 1791) merupakan seorang komposer musik dari Austria. Mozart dianggap sebagai salah satu komposer musik klasik Eropa yang cukup penting dan terkenal dalam sejarah.

Musiknya berdiri sebagai pola dasar dari gaya klasik. Salah satu karya Mozart yang paling terkenal adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflote. Karyanya yang berjumlah sekitar 700 lagu termasuk gubahan-gubahan secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik piano, musik kamar, musik opera, dan musik paduan suara.

  • Ludwig van Beethoven

komposer musik klasik dunia
Photo by bbc.com

Ludwig van Beethoven (17 Desember 1770 – 26 Maret 1827) merupakan seorang komposer musik klasik yang berasal dari Jerman. Karya Beethoven yang paling terkenal yakni simfoni kelima, simfoni kesembilan, dan lagu piano Für Elise. Selain dipandang sebagai salah satu komposer terbesar di dunia, Beethoven juga tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik.

Semenjak masih muda, Beethoven terkenal sebagai pianis yang berbakat dan populer di kalangan orang-orang penting di tempat tinggalnya di Wina, Austria. Akan tetapi pada tahun 1801, Beethoven mulai mengalami masalah pada pendengarannya. Masalah pendengaran tersebut semakin parah hingga pada tahun 1817 Beethoven menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tidak dapat bermain dalam konser akibat ketuliannya, Beethoven terus menciptakan komposisi musik yang menghasilkan karya-karya besar justru pada masa-masa ini.

  • Wilhelm Richard Wagner

Wilhelm Richard Wagner (22 Mei 1813 – 13 Februari 1883) merupakan seorang komposer yang cukup berpengaruh di Jerman. Selain sebagai seorang komposer, Wagner juga seorang pakar teori musik, sutradara teater, dan juga seorang penulis. Meskipun begitu, Wagner terkenal melalui karya operanya.

Ketika tinggal di Dresden, Wagner diangkat Royal Saxon Lapangan konduktor. Musik Wagner yang paling terkenal antara lain Ride of the Valkyries dari Die Walkure dan Bridal Chorus dari Lohengrin. Akibat inovasi musik dan inovasi drama yang dibuatnya, Wagner menjadi tokoh yang cukup kontroversial. Selain itu, ia juga mendukung pemikiran-pemikiran anti semitisme. Dalam sejarah musik, ia digolongkan sebagai komponis zaman romantic.

  • Franz Schubert

Franz Schubert (31 Januari 1797 – 19 November 1828) merupakan seorang komposer musik berkebangsaan Austria. Ketika usianya mencapai 17 tahun, Schubert berhasil membuat lagu pertamanya yang berjudul Gretchen at the Spinning Whell. Bahkan, sebelum berusia 20 tahun Schubert berhasil menulis 6 simponi.

Secara keseluruhan, Franz Schubert telah menghasilkan 9 simponi. Sembilan simponi tersebut diantaranya adalah Symphony No. 8 in B minor dengan judul Unfinished Symphony dan Symphony No. 9 in C minor dengan judul Great Symphony. Selain itu, Franz Schubert juga berhasil menulis 100 lagu dan juga menghasilkan hampir 1000 karya musik. Franz Schubert meninggal dunia dalam usia yang masih cukup muda, yakni 31 tahun dan ia dimakamkan di sebelah makam Beethoven.

  • Robert Schumann

Robert Schumann (8 Juni 1810 – 29 Juli 1856) merupakan seorang penggubah dan juga pianis dari Jerman. Selain dianggap sebagai salah satu komposer musik romantic Eropa terpenting, Robert Schumann juga dikenal sebagai seorang kritikus musik yang terkenal dalam sejarah. Karya musiknya menggambarkan sifat romantisme yang sangat pribadi karena sifatnya yang estetikus.

Robert Schumann merupakan seorang yang mawas diri dan kerap kali bertingkah, karya-karya musik pertamanya menjadi semacam percobaan untuk melepaskan diri dari tradisi bentuk musik dan struktur klasik yang dianggapnya terlalu membatasi.

  • Frederic Franciszek Chopin

Frederic Franciszek Chopin (1 Maret 1810 – 17 Oktober 1849) atau juga dikenal sebagai Frederic Chopin adalah seorang komposer musik yang dilahirkan di Zelazowa Wola, dekat Warsawa, Polandia. Ia dilahirkan pada tanggal 1 Marert 1810. Ayahnya, Nicolas Chopin merupakan orang Prancis. Sedangkan ibunya, Tekla-Justna Kryzanowka merupakan orang Polandia.

Pada tahun 1787, Chopin pergi meninggalkan Prancis dan menetap di Polandia untuk menghindari wajib militer di Prancis. Selain berperan sebagai salah satu komposer musik terbaik dari Polandia, Chopin juga seorang pemain piano virtuoso. Ketika berumur 7 tahun, salah satu karya polonaise-nya berhasil diterbitkan. Setahun berikutnya ketika berumur 8 tahun, Chopin berhasil tampil di depan publik untuk memainkan piano konserto milik Gywortez.

  • Franz Liszt

Franz Liszt (22 Oktober 1811 – 31 Juli 1886) atau Ferenc Liszt merupakan seorang komposer musik yang dilahirkan di Kota Ralding, Hungaria. Pada abad ke-19, Liszt terkenal di Eropa berkat keahliannya sebagai seorang komposer musik. Selain berperan sebagai seorang komposer, Liszt juga berperan sebagai pianis, pengaba, dan juga guru musik klasik di Hungaria.

Liszt disebut telah menguasai teknik pianis dari usia dini. Hal tersebut memungkinkan Liszt menjadi salah satu pianis terbesar sepanjang masa. Selain itu, Liszt juga seorang konduktor yang memberikan kontribusi cukup signifikan dalam perkembangan musik klasik modern. Selama hidupnya, Liszt telah menulis sekitar 700 komposisi musik, termasuk di dalamnya terdapat lagu gerejawi dan puisi simfoni.

  • Pyotr Ilyich Tchaikovsky

Pyotr Ilyich Tchaikovsky (7 Mei 1840 – 6 November 1893) atau Peter Ilyich Tchaikovsky merupakan seorang komposer asal Rusia. Tchaikovsky banyak menulis musik balet seperti “Danau Angsa” dan “Pemecah Kacang”. Musik ciptaannya mudah dikenali dan banyak digemari dikarenakan ciri khas Rusia-nya dan harmoninya yang indah.

Meskipun demikian, gaya musik Tchaikovsky lebih kebarat-baratan dibandingkan dengan komponis Rusia lainnya pada zamannya. Dalam musiknya, Tchaikovsky mengkombinasikan unsur-unsur luar negeri dengan melodi rakyat yang nasionalistik.

  • Sergei Vasilievich Rachmaninoff

Sergei Vasilievich Rachmaninoff (1 April 1873 – 28 Maret 1943) merupakan seorang komponis, pianis, dan dirgen yang berasal dari Rusia. Rachmaninoff dilahirkan di keluarga dengan latar belakang yang sudah mengenal musik. Ia belajar memainkan piano sejak menginjak umur 4 tahun. Rachmaninoff berhasil lulus dari Konservatorium Moskwa pada tahun 1892.

Selama masa studinya di Konservatorium Moskwa, Rachmaninoff menggubah karya musik untuk piano dan orkestra. Akan tetapi setelah menerima ulasan yang buruk pada Simfoni No.1, Rachmaninoff mengalami depresi yang cukup panjang, yakni selama 4 tahun. Setelah dapat mengatasi depresinya, Rachmaninoff menyelesaikan Simfoni No.2 pada tahun 1901 dan berhasil mendapatkan tinjauan yang sangat baik.

Rachmaninoff terpaksa harus meninggalkan Rusia akibat terjadinya revolusi di negaranya tersebut. Ia bertolak menuju ke Kota New York, Amerika Serikat. Setelah sampai di Amerika Serikat, Rachmaninoff melakukan tour konser sebagai pianis dan konduktor. Dari dua hal tersebut merupakan sumber pendapatan utama selama hidup di negara tersebut. Rachmaninoff berhasil menulis 6 karya selama tahun 1918-1943.

Pada tahun 1942, kesehatan Rachmaninoff mulai menurun. Hal ini mengharuskannya pindah ke Beverly Hills, California. Sebulan sebelum ia meninggal pada tanggal 28 Maret 1943, Rachmaninoff mendapatkan kewarganeraan Amerika Serikat.

  • Johannes Brahms

Johannes Brahms (7 Mei 1883 – 3 April 1897) merupakan seorang komposer dan pianis yang berasal dari Jerman. Ia juga salah satu seorang musisi utama dari zaman Romantik. Brahms dilahirkan di Hamburg, Jerman. Meskipun begitu, ia lebih banyak berkarya di Wina, Austria.

Brahms membuat komposisi musik untuk orkestra simfoni, ansambel musik kamar, piano, dan untuk penyanyi serta paduan suara. Sebagai seorang pianis, ia juga kerap kali menampilkan karya-karya perdananya. Selain itu, Brahms juga melakukan kolaborasi dengan penampil-penampil utama di masanya, diantaranya kolaborasi dengan pianis Clara Schumann (istri komponis Robert Schumann).

Hingga saat ini, banyak karya Brahms yang menjadi bagian dari repertoar standar konser klasik. Salah satu karya Brahms yang paling terkenal yakni Wiegenlied, Op. 49 No.4 (“Lagu Nina Bobo” yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Brahms Lullaby).

  • Giuseppe Verdi

Giuseppe Fortunino Francesco Verdi (10 Oktober 1813 – 27 Januari 1901) atau Giuseppe Verdi merupakan seorang komposer Italia, terutama dalam bidang opera. Verdi juga anggota yang paling berpengaruh di sekolah Opera Italia pada abad ke-19. Namanya disejajarkan dengan Richard Wagner sebagai komponis opera yang cukup berpengaruh pada abad ke-19. Selain itu, Verdi juga mendominasi dalam dunia musik Italia setelah Bellini, Donizetti, dan Rossini.

Karya-karya Verdi sering dipanggungkan di gedung opera di seluruh dunia dan melampui batas-batas genre. Diantara karya-karyanya yakni “La donne e mobile” dari Rigoletto, “Va, Pensiero” (The Chorus of the Hebrew Slaves) dari Nabucco, “Libiamo ne ‘lieti calici” (The Drinking Song) dari La Traviata dan Triumphal March dari Aida.

  • Gustav Mahler

Gustav Mahler (7 Juli 1860 – 18 Mei 1911) merupakan salah satu komposer musik terbaik dari Austria. Sejak tahun 1881, Mahler mulai berkarier sebagai konduktor dalam sebuah opera dan namanya mulai terkenal semenjak ia menjadi pemimpin konduktor.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!