Apa itu Seajarah? Berikut Definisi Sejarah Menurut Para Pakar

Definisi Sejarah Menurut Para Ahli– Sejarah merupakan suatu ilmu yang membahas mengenai konsep manusia, baik itu dalam konsep ruang dan waktu. Sejarah bukanlah hanya sebuah gurauan atau pun cerita mengenai suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Sejarah adalah sebuah catatan pengalaman manusia yang mempengaruhi perkembangan antara manusia satu dengan yang lainnya.

Kita semua pun tahu bahwasannya sejarah mengenai suatu bangsa sangatlah penting bagi bangsa tersebut. Seperti pepatah yang diucapkan oleh sang proklamator kita, Bung Karno, “Janganlah sekali-kali melupakan sejarah, karena sejarahlah yang akan mengubah sikap kita”. Selain itu, suatu kelompok kecil dapat membentuk suatu bangsa karena memiliki peristiwa sejarah yang sama.

Jadi, apa yang dimaksud dengan sejarah?

definisi sejarah
Photo by Arek Socha

Kata sejarah secara etimologi berasal dari bahasa Arab, Syajarah, dari kata syajaratun yang memiliki makna pohon.  Sejarah diumpamakan seperti pohon keluarga yang berlangsung secara terus-menerus dan saling berkaitan. Oleh karena itu, sejarah merupakan kausalitas (sebab-akibat) terhadap peristiwa lain yang mendahuluinya.

Dalam bahasa Jerman, sejarah dikatakan sebagai Geschichte. Geschichte sendiri mempunyai makna peristiwa yang telah terjadi. Dalam bahasa Yunani, sejarah adalah Istoria yang memiliki makna penyelidikan peristiwa. Sedangkan, dalam bahasa Belanda, sejarah dikatakan Gehchiedenis yang memiliki makna terjadi. Dalam bahasa Inggris, sejarah adalah History yang memiliki makna masa lampau umat manusia.

Secara umum, definisi sejarah adalah “segala peristiwa penting milik manusia yang telah terjadi dimasa lampau, dan mempengaruhi kehidupan suatu kelompok masyarakat secara luas”.

Definisi Sejarah Menurut Para Pakar

Selain pengertian sejarah secara etimologi atau pun pengertian sejarah secara umum, terdapat pula pengertian sejarah yang dikemukakan oleh para tokoh. Dibawah ini, saya akan menjelaskan mengenai definisi sejarah menurut beberapa ahli dan tokoh, baik itu tokoh dari Indonesia maupun tokoh dari tokoh dunia.

Menurut Para Pakar dan Tokoh Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa ahli dan tokoh yang mengemukakan gagasan dan pandangannya mengenai definisi sejarah. Diantara para ahli dan tokoh tersebut adalah,

  • Muhammad Yamin

muhammad yamin
Photo by sejarah.kompasiana.com
Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan hasil penyelidikan terhadap beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

– Muhammad Yamin

  • Mohammad Hatta

moh hatta
Photo by foto-foto.com
Sejarah bukanlah melahirkan cerita peristiwa yang terjadi pada masa lalu, akan tetapi memberikan definisi masa lalu sebagai masalah-masalah.

– Mohammad Hatta

  • Nugroho Notosusanto

definisi sejarah
Photo by id.wikipedia.org
Sejarah adalah segala peristiwa penting yang menyangkut manusia sebagai makhluk hidup yang bermasyarakat dan terjadi pada masa lampau.

– Nugroho Notosusanto

Sejarah juga memiliki makna sebagai kisah mengenai segala peristiwa penting yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa yang telah terjadi.

  • Roeslan Abdulgani

definisi sejarah
Photo by wikivisually.com
Sejarah merupakan suatu disiplin ilmu yang meneliti dan menyelidiki seluruh perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lalu serta peristiwa-peristiwa yang terjadi secara sistematis.

– Roeslan Abdulgani

Roeslan Abdulgani merupakan salah satu tokoh yang paling berpangaruh atas terjadinya peristiwa KAA Asia-Afrika di Bandung. Maksud dari definisi sejarah yang dikemukakan oleh Roeslan adalah untuk menilai secara kritis keseluruhan dari hasil penelitiannya. Kemudian, hasil tersebut dijadikan perbendaharaan dan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa kini ke arah masa depan yang lebih baik.

Roeslan Abdulgani juga mengibaratkan sejarah sebagai pedoman untuk penglihatan ke tiga dimensi. Tiga dimensi tersebut adalah penglihatan ke masa lalu, penglihatan ke masa kini, dan penglihatan ke masa yang akan datang.

Jadi, perihal penelitian dan penyelidikan mengenai masa lalu tidak dapat terlepas dari kenyataan-kenyataan masa kini yang sedang dihadapi. Dan juga, kita tidak dapat melepaskan diri dari prespektif yang akan terjadi di masa depan.

  • Moh Ali

Sejarah merupakan cerita mengenai suatu peoses perubahan dalam kehidupan umat manusia dan seperangkat ilmu yang menyelidiki mengenai perubahan tersebut.

– Moh Ali

Moh Ali merupakan guru besar dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Ia berpendapat dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Sosial, bahwasannya sejarah adalah mengenai sejumlah perubahan, kejadian, dan peristiwa yang ada di sekitar kita yang benar-benar terjadi.

  • Kuntowijoyo

definisi sejarah
Photo by rifdoisme.wordpress.com
Sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris.

– Kuntowijoyo

Sejarah memiliki sifat diakronis, hal ini terjadi karena sejarah berhubungan dengan perjalanan waktu. Sementara itu, sifat ideografis yang dimiliki sejarah menggambarkan, memaparkan, dan menceritakan sesuatu.

Sejarah juga bersifat unik. Hal ini terjadi karena sejarah berisi mengenai hasil penelitian tentang hal-hak yang unik dan khas, yaitu hanya berlaku pada satu kali waktu. Selain itu, sejarah juga mempunyai sifat empiris. Sifat sejarah ini bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh terjadi. Agar kita mengetahui apakah peristiwa sejarah itu benar-benar terjadi, dibutuhkan suatu tahapan penelitian sejarah menggunakan metode yang ilmiah.

  • Drs. Sidi Gazalba

Sejarah sebagai masa lampau manusia serta seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap.

– Drs. Sidi Gazalba

Drs. Sidi Gazalba merupakan seorang ahli filsafat. Penyusunan yang dimaksud oleh Drs. Sidi Gazalba dalam penertiannya mengebai sejarah yakni penyusunan meliputi fakta-fakta yang berurutan pada masa tersebut, disertai dengan penjelasan dan pemahaman yang berlaku.

  • W.J.S Poerwadaminta

definisi sejarah
Photo by twitter.com
Sejarah merupakan asal-usul, silsilah, kejadian, atau pun peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Baik itu berbentuk riwayat, tambo, cerita, pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa dan kejadian pada masa lalu yang benar-benar terjadi.

– W.J.S Poerwadaminta

  • Taufik Abdullah

taufik abdullah
Photo by fukuoka-prize.org
Sejarah adalah segala tindakan manusia yang terjadi dalam waktu tertentu di masa lalu, yang mana juga dilakukan di tempat tertentu.

– Taufik Abdullah

  • Rochiati Wiriatmaja

sejarah merupakan sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang etika, moral, kebijaksanaan, nilai-nilai spiritual dan kultural.

– Rochiati Wiriatmaja

Dimana nilai-nilai spiritual dan kultutal ini bersifat memberikan pedoman untuk keseimbangan hidup, harmoni dalam nillai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan. Pengalaman ini mencerminkan pengalaman yang kolektif dan menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.

Demikianlah definisi dan pengertian sejarah menurut beberapa ahli dan tokoh dari Indonesia. Selain itu, terdapat pula beberapa ahli dan tokoh dunia yang mengemukakan definisi pandangannya mengenai sejarah.

Menurut Para Pakar dan Tokoh Dunia

Beberapa ahli dan tokooh dunia pun mengemukakan pendapatnya mengenai definisi sejarah. Mereka memiliki pandangan dan definisi masing-masing mengenai sejarah. Berikut ulasan definisi sejarah menurut para ahli dan tokoh dunia:

  • Herodotus

herodotus
Photo by OpenClipart-Vectors
Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan mempunyai tujuan yang pasti. Melainkan, sejarah seperti garis lingkaran yang memiliki rasio, yang mana tinggi rendahnya tergantung dengan peristiwa yang dibuat oleh manusia.

– Herodotus

  • Aristoteles

aristoteles
Photo by Couleur
Sejarah merupakan suatu sistem yang meneliti mengenai suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi.

– Aristoteles, Filsuf Yunani

Arostoteles juga berpendapat bahwasannya sejarah mencakup mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Peristiwa-peristiwa yang terjadi ini mempunyai catatan,rekod-rekod, dan juga bukti-bukti yang konkrit.

  • Ibnu Khaldun

ibnu khaldun
Photo by suarmedia.tv
Sejarah merupakan sebuah catatan tentang masyarakat. Sejarah mencatat mengenai perubahan yang terjadi pada watak manusia yang terus mengalami perubahan selama peradaban manusia itu masih ada.

– Ibnu Khaldun

Pengertian sejarah yang ditulis oleh Ibnu Khaldun ini tertuang dalam bukunya yang masyhur di kalangan para ilmuwan, Kitab Mukadimah.

  • Beverley Southgate

definisi sejarah
Photo by culturahistorica.es
Sejarah merupakan sebuah studi tentang masa lalu.

– Beverley Southgate.

Secara ideal, studi yang dimaksud oleh Beverley Southgate tersebut merupakan suatu penyajian mengenai masa lalu sebagaimana yang terjadi, benar-benar terjadi.

Sejarah merupakan suatu studi yang menampilkan suatu bentuk kenyataan yang benar-benar terjadi, tidak hanya dinikmati adanya, akan tetapi juga secara etika dan moral berguna dalam pengajaran.

Oleh karena itu, sejarah juga diteliti kebenarannya berdasarkan ketepatan metode ilmu pengetahuan dengan objektivitasnya yang bersumber dari fakta-fakta yang terkumpul sehingga menghasilkan suatu laporan kebenaran.

Jadi, berdasarkan pengertian diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwasannya ilmu sejarah memiliki metode penelitian yang objektif. Dimana metode penelitian ini manghasilkan suatu kesimpulan sejarah yang berdasarkan dengan fakta-fakta yang ada.

  • Henri Pirenne

henry pirenne
Photo by id.wikipedia.org
Sejarah merupakan kisah mengenai peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam bermasyarakat.

– Henri Pirenne

Henri Pirenne merupakan seorang penulis sejarah dari Belgia yang menulis sejarah secara multivolume tentang Belgia dan Prancis.

  • Jan Marius Romein

definisi sejarah
Photo by biografischportaal.nl
Kata “Sejarah” memiliki makna yang sama dengan kata “History” dalam bahasa Inggris dan “Geschichte” dalam bahasa Jerman. Dimana itu semua memiliki makna cerita tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau.

– Jan Marius Romein

Jan Marius Romein merupakan seorang sejarawan dan jurnalis asal Belanda. Ia juga menulis suatu buku yang berjudul “Dalam Pesona Prambanan Indonesia di Tengah Gejolak Dunia” (versi Indonesia).

  • Ernst Bernheim

definisi sejarah
Photo by en.wikipedia.org
Sejarah merupakan sebuah ilmu yang menelusuri dan menempatkan peristiwa dan kejadian tertentu dalam waktu dan ruang tentang perkembangan manusia.

– Ernst Bernheim

Ernst Bernheim merupakan seorang sejarawan dari Jerman. Bentuk perkembangan yang dimaksud dari definisi sejarah menurut Ernst Bernheim ialah manusia ini baik secara perorangan maupun kolektif sebagai makhluk sosial yang memiliki hubungan sebab-akibat, baik itu secara lahir atau pun batin.

  • Charles Harding Firth

Charles Harding Firth
Photo by archives.history.ac.uk
Sejarah merekam mengenai kehidupan masyarakat manusia. Baik itu rekaman mengenai perubahan masyarakat manusia, ide-ide yang mambatasi aksi-aksi masyarakat, dan juga kondisi-kondisi material yang telah membantu atau pun merintangi perkembangannya.

– Charles Harding Firth, sejarawan Inggris.

Demikianlah definisi sejarah dari beberapa sumber, baik itu secara etimologi maupun pendapat para ahli dan tokoh di Indonesia maupun dunia. Kita, sebagai bangsa yang besar sudah sepatutnya menghargai jasa para pahlawan yang terdahulu dengan mempelajari sejarah.

Semoga dengan memahami definisi sejarah, baik itu secara umum maupun pendapat para ahli, dapat membuat kita lebih menghargai jasa para pahlawan. Aamiin.

Alhamdulillah

Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!