Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar bagi Pemula

Cara Menulis Artikel – Tentu saja di zaman yang serba canggih ini kita tidak lagi asing dengan artikel, baik itu untuk mengerjakan tugas kuliah, sebagai bahan menulis di blog, atau sekedar untuk membaca info dari sebuah website.

Artikel merupakan karangan pendek yang terdiri dari 300 hingga 1000 kata yang membahas mengenai suatu topik tertentu. Tujuan artikel yakni untuk menyampaikan isi pikiran terhadap suatu realitas, baik itu berisi tentang suatu fakta atau pendapat tertentu.

Bagi seseorang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia kepenulisan, menulis artikel tentu bukan suatu hal yang susah untuk dilakukan. Namun, bagi seseorang yang baru mengenal mengenai dunia kepenulisan, menulis artikel tentu membutuhkan usaha yang lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya.

Nah, kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tahap-tahap untuk menulis artikel yang baik dan benar. Berikut ulasan lengkapnya.

Langkah dan Cara Menulis Artikel

cara menulis artikel
Photo Free-Photos from Pixabay

Sebelum menulis artikel, alangkah beiknya kita untuk merumuskan kerangka artikel agar artikel yang kita buat lebih mudah, terarah, dan sistematis.

  • Menentukan Tema

Sebelum menulis sebuah artikel, maka kita harus menentukan tema apa yang akan kita bahas. Semakin spesifik suatu tema, maka akan semakin menarik untuk dibaca. Selain itu, tetapkan tujuan penulisan artikel tersebut dengan jelas.

Penentuan tema yang aneh dan awam bagi diri sendiri akan membuat kita susah dalam membuatnya. Bahkan, penulisan artikel tersebut dapat membuat kita tidak bisa menyelesaikan artikel sampai akhir. Penentuan tema yang dapat kita kuasai dapat membuat kita lebih enjoy dalam menulisnya.

  • Menentukan Judul

Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah menentukan judul artikel. Buatlah judul yang semenarik mungkin karena judul merupakan hal pertama yang dilihat oleh pembaca sebelum membaca isi artikel.

Judul berperan penting untuk membuat pembaca tertarik dengan artikel kita. Terdapat beragam cara yang dapat kita lakukan untuk membuat judul, seperti membuat judul dengan kalimat yang formal hingga judul yang bersifa call to action.

  • Menetapkan Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dalam artikel yakni supaya artikel yang kita tulis memiliki tujuan yang jelas.

  • Perumusan Ide Pokok atau Masalah

Untuk memudahkan dalam merumuskan ide pokok atau masalah, buatlah outline atau rangka ide pokok perparagrafnya. Contohnya, paragraf pertama untuk menerangkan mengenai pokok permasalahan, paragraf kedua untuk menjelaskan contoh dari pokok permasalahan, paragraf ketiga untuk menjelaskan penyebab dari pokok permasalahan, paragraf keempat untuk menjelaskan dampak dari permasalahan, dan paragraf kelima untuk menjelaskan solusi dari permasalahan tersebut.

  • Mencari Referensi

Sebelum perumusan ide pokok atau kerangka artikel kita tuangkan dalam sebuah tulisan, maka kita harus mencari referensinya terlebih dahulu. Jika kita telah menyiapkan referensi artiel, maka kita akan lebih mudah dalam penulisan artikel.

  • Penulisan Isi Artikel

Setelah seluruh bahan telah terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menulis dan mengolah artikel berdasarkan jenis artikel mana yang kita pilih. Dalam mengolah tulisan, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan antara lain adalah menentukan gaya penulisan, memperhatikan tanda baca dan kalimat, serta hindari penggunaan kata yang sama dalam satu paragraf.

Selain itu, tulislah artikel dengan paragraf yang pendek karena pemakaian paragraf yang panjang dan padat dapat menghilangkan minat pembaca. Jadi, pisahkan satu paragraph yang panjang menjadi kalimat yang lebih singkat.

  • Kesimpulan

Kemudian, buatlah kesimpulan pada bagian akhir artikel dari garis besar penulisan artikel tersebut. Kesimpulan artikel mudah dibuat jika langkah-langkah dan alur artikel sudah anda buat dengan baik dan benar.

  • Membaca Ulang Artikel yang Telah Ditulis

Setelah artikel yang kita buat selesai dan tidak ada lagi pembahasan yang ingin digunakan, maka alangkah baiknya kita membca ulang artikel tersebut. Pembacaan ini dimaksudkan untuk mengecek ulang apakah artikel yang kita tulis sudah benar, tidak terdapat kata yang typo, dan setiap kata yang ditulis tidak dirasa membingungkan atau ambigu.

Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Artikel

laptop
Photo by Free-Photos from Pixabay

Selain membuat kerangka, terdapat beberapa hal pokok yang harus kita perhatikan dalam penulisan tersebut, yaitu:

  • Unsur 5W+1H

5W+1H mengandung unsur-unsur sebagai:

  1. What : Apa persoalan yang akan dibahas
  2. Who : Siapa yang terlibat atau keterlibatan tentang siapa
  3. When : Kapan terjadinya
  4. Where : Dimana tempat terjadinya
  5. Why : Kenapa persoalan atau permasalahan tersebut dapat terjadi
  6. How : Bagaimana persoalan itu terjadi atau bagaimana persoalan tersebut dapat terselesaikan

Unsur 5W+1H tentu menjadi unsur yang penting dalam penulisan artikel. Jika sebuah artikel sudah memenuhi aspek 5W+1H, maka artikel tersebut telah menyediakan dan memenuhi seluruh jawaban yang dipertanyakan.

  • Sesuai dengan Fakta

Artikel terdiri dari dua jenis, yaitu fiksi dan nonfiksi. Jika menulis artikel dengan jenis nonfiksi, maka artikel yang kita buat harus sesuai dengan fakta. Oleh karena itu, sebelum menulis artikel maka alangkah baiknya untuk mengecek sumber yang akan kita jadikan sebagai referensi penulisan.

  • Tidak Menyinggung Personal atau Kelompok

Dalam menulis artikel, hindari penulisan yang dapat menyinggung personal atau kelompok lain. Tulislah sebuah artikel yang bermanfaat tanpa menyebabkan permusuhan.

Jenis-Jenis Artikel

Artikel memiliki jenis-jenis yang berbeda. Berikut beberapa jenis artikel dan pengertiannya:

  • Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah artikel karangan yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fakta sehingga pembaca dari artikel ini dapat membayangkan fakta tersebut dalam benak mereka. Contohnya adalah mendeskripsikan suatu barang atau mendeskripsikan suatu tempat.

  • Artikel Narasi

Artikel narasi adalah artikel yang isinya memuat atau menceritakan tentang suatu keadaan, baik itu berdasarkan waktu maupun urutan kejadian. Jadi, menceritakan sesuatu atau seseorang secara runtut. Contohnya adalah menceritakan peristiwa, menceritakan biografi seseorang, atau menceritakan suatu pengalaman.

  • Artikel Eksposisi

Tujuan dari artikel eksposisi antara lain untuk menguraikan suatu topik tentang definisi, fungsi, bagian, dan kegunaan dari suatu konsep. Artikel ini juga dapat berisi berupa langkah, cara, atau proses dalam pengerjaan sesuatu. Ciri khas dari artikel ini antara lain berisi tentang poin-poin, urutan angka, tahapan langkah, dan lain-lain. Terkadang, dalam artikel ini memuat opini pribadi.

  • Artikel Argumentasi

Artikel ini biasanya berisi untuk memberikan argumen terhadap sesuatu. Biasanya, artikel argumentasi adalah artikel ilmiah  atau pendapat dari media masa terhadap suatu permasalahan.

  • Artikel Persuasi

Artikel persuasi juga dikenal sebagai artikel motivasi karena penulisannya yang bersifat membujuk. Dampak dari artikel ini dapat mengajak dan menggerakkan pembaca untuk melakukan atau mengikuti apa yang termuat dalam artikel tersebut. Artikel ini biasanya digunakan oleh pebisnis, konsultan, agamawan atau siapa pun yang berniat untuk menggiring khalayak ramai untuk mengikuti apa yang mereka tawarkan.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara menulis artikel bagi pemula. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!