Cara Membuat “About Us” yang Menarik di Blog

Cara Membuat About Us di Blog – Website merupakan salah satu media pendukung untuk hampir segala urusan, baik itu dari pekerjaan, pelayanan, bahkan sampai pada belanja harian. Ketika pengunjung menghampiri suatu website, tentu yang dinilai adalah tampilan dari website tersebut. Salah satu tampilan yang dicermati oleh pengunjung adalah identitas atau “about us” pada website tersebut.

Dalam Bahasa Indonesia, “about us” diartikan sebagai “Tentang Kami” atau ”Tentang saya”. Sedangkan dalam website, about us adalah sebuah halaman yang berfungsi untuk memberikan sebuah informasi pada pembaca website tentang siapa penulis dari website tersebut. Pada intinya, about us hampir sama dengan profil admin website tersebut.

Keuntungan Membuat About Us

Setelah mengerti apa yang dimaksud dengan “about us” atau “tentang kami”, tentu kita juga perlu untuk mengetahui keuntungan yang didapatkan dari fitur tersebut. Fitur About Us memiliki beberapa keuntungan yang dapat dijadikan sebagai salah satu alasan kenapa anda harus memiliki fitur ini. Berikut keuntungan yang dapat anda dapatkan dari fitur ini:

  • Pengunjung dapat mengetahui maksud dan tujuan dari blog yang anda buat. Dalam fitur about us tidak hanya memberikan informasi tentang data diri, namun juga visi dan misi dari blog tersebut.
  • Memberikan rasa percaya pengunjung pada blog dan konten yang anda posting. Hal ini dikarenakan fitur About Us dapat memberikan informasi tentang data diri penulis
  • Tulisan yang anda buat akan dikenal siapa penulisnya

Nah, demikianlah keuntungan yang dapat anda dapatkan dari fitur about us.

Cara Membuat About Us yang Menarik

Setelah mengerti apa yang dimaksud dengan “about us” atau “tentang kami” dan keuntungan apa saja yang didapatkan, berikut cara membuat laman tersebut:

  • Cara Membuat About Us di Blogger

Bagi pengguna platform blogger pasti sudah tidak begitu asing dengan laman about us karena platform tersebut telah menyediakan laman tersebut pada menu widget. Akan tetapi, menu about us yang tersedia dapat dikatakan kurang menarik dan tidak begitu memberikan informasi yang detail. Oleh karena itu, supaya laman about us pada laman anda lebih menarik maka buatlah dengan cara manual.

Cara membuat about us di blogger dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Login pada laman blogger
  2. Masuk ke laman dasbord
  3. Klik ‘Halaman’
  4. Kemudian pilih sub menu ‘Halaman baru’
    Cara membuat About Us di Blog
    Tampilan Halaman pada Blogger
  5. Isi judulnya dengan About Us jika blog tersebut milik sebuah instansi. Jika blog tersebut milik pribadi maka isilah About Me
    tampilan menu About us di Blogger
    Photo by bloggerjepara.net
  6. Kemudian, ketik pada bagian laman mengenai data diri anda atau tujuan dari pembuatan blog tersebut
  7. Setelah selesai menuliskan informasi yang dibutuhkan, klik pada sidebar sebelah kanan yang yang bertuliskan ‘Opsi’Cara Membuat About Us di blog
  8. Setelah itu, centang checkbosx yang bertuliskan “Jangan izinkan, sembunyikan yang telah ada”. Tujuan pencetangan ini agar pengunjung tidak perlu memberi komentarSidebar pada menu Halaman di Blooger
  9. Setelah dicentang, klik tulisan publikasicara membuat About us
  10. Halaman about us pun sudah dapat dilihat di halaman blog anda
  • Cara Membuat About Us di WordPress

WordPress merupakan salah satu platform website yang cukup dikenal oleh berbagai kalangan. Sejak pertama kali muncul pada tahun 2003, jumlah pemilik platform ini terus meningkat. Selain memberikan firtur gratis dan berbayar, pengguna juga dapat memajang lama About us atau Tentang Kami pada page yang telah disediakan.

Sebelum membuat halam about us, pengguna harus sudah memiliki akun WordPress. Berikut cara membuat about us di WordPress:

  1. Login pada laman wordpress
  2. Masukkan Username dan Password dengan benar
  3. Perhatikan sidebar pada dashboard WordPress. Dalam sidebar tersebut terdapat opsi User kemudian klik pada opsi Your ProfileDashboard WordPress
  4. Setelah itu, penguna akan diarahkan pada halaman berikutnya untuk mengisi form yang berkaitan dengan data diri
  5. Kolom ‘nickname’ dapat diisi dengan nama panggilan andaFitur dalam WordPress
  6. Display name as publicity diisi sesuai dengan keinginan
  7. Kolom email diisi dengan alamat email pengguna
  8. Website diisi dengan alamat situs url pengguna
  9. Pada kolom Biographical info, ketik informasi yang ingin anda isi terkait identitas anda
  10. Unggah foto apabila memiliki gambar yang menurut anda bagus untuk dijadikan profil
  11. Jangan lupa klik tombol Update Profil. Setelah itu, data diri anda akan terlihat di website anda

Nah, demikianlah tutorial cara membuat about us di blog. Semoga dapat membantu ya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!