Pengertian Bisnis Dropshipping, Kekurangan, dan Kelebihannya

Bisnis Dropshipping – Bisnis online menjadi ladang usaha yang cukup menggiurkan untuk dijajaki. Banyak cara untuk memulai bisnis online, dan dropship adalah salah satu bisnis yang cukup potensial. Bisnis dengan sistem dropship dapat dikatakan minim resiko dan juga minim modal.

Siapa pun dapat menjajaki bisnis dengan cara dropship atau menjadi dropshipper. Sistem tersebut akan mudah bagi anda yang cukup familiar dengan ecommerce atau toko online, peka terhadap permintaan pasar, dan tidak mudah menyerah dalam mempromosikan bisnis.

Oleh karena itu, kami akan menguraikan semua hal yang perlu untuk anda ketahui jika anda yang ingin memulai bisnis dropship. Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam memulai bisnis tersebut.

Apa itu Bisnis Dropshipping?

belanja online
Photo by Sica Harum from Flickr

Sebelum memulai bisnis dropshipping, tentu anda harus lebih dulu mengerti pengertian dari bisnis Dropshipping.

Dropshipping atau dropship adalah model bisnis dimana seseorang menjual produk yang dibuat oleh pihak lain, baik itu dijual melalui situs website maupun marketplace. Akan tetapi, dalam melakukan proses jual beli, orang tersebut tidak perlu menyetok atau mengirimkannya secara manual. Dalam bisnis dropship, produsen lah yang akan mengirimkan produk pesanan kepada pembeli atau konsumen.

Sedangkan dropshipper adalah orang yang menjalankan bisnis dropship. Jika anda melakukan bisnis dropship, maka anda adalah seorang dropshipper.

Jika anda menjadi drropshipper, anda tidak perlu memikirkan biaya produksi, pengepakan, maupun pengiriman. Hal-hal tersebut sudah menjadi tugas bagi produsen atau pembuat barang. Tugas anda sebagai dropshipper hanyalah mengembangkan bisnis tersebut.

Sebelum memulai bisnis dropship, alangkah baiknya anda untuk memahami bagaimana memulai bisnis dropship. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda membaca artikel: Cara memulai Bisnis Dropship

Cara Kerja Bisnis Dripshipping

bisnis dropshipping
Photo by popless.co.id

Untuk lebih memahami apa itu bisnis dropshipping, mari kita uraikan cara kerjanya dengan lebih detail.

Secara umum, dalam menjalani bisnis dropshipping terdapat tiga pihak yang terlibat. Ketiga pihak tersebut yakni anda sebagai dropshipper, pelanggan, dan pemasok atau produsen. Dalam prosesnya, sistem dropshipping dapat kita ringkas sebagai berikut:

  1. Seorang pelanggan membeli produk yang ditampilkan di situs anda.
  2. Anda sebagai dropshipper mengirimkan informasi pesanan kepada pemasok barang dropship.
  3. Setelah menerima informasi, pihak pemasok akan mengemas dan mengirimkan produk pesanan kepada pelanggan atas nama situs atau toko anda.

Kelebihan Bisnis Dropshipping

bungkus paket
Photo by congerdesign from Pixabay

Jadi, berikut alasan kenapa anda harus memulai bisnis dropshipping:

  • Mudah Untuk Memulai

Bisnis dropship dapat anda mulai dengan sangat mudah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan akun sosial media yang anda miliki untuk menawarkan produk anda. Anda juga dapat mulai bisnis dropship dengan membuka akun toko di marketplace atau di situs online lainnya mengingat mulai maraknya berbelanja secara online.

  • Tidak merepotkan

Bisnis dropshipping tidak merepotkan karena pengepakan dan pengiriman akan diurus oleh pihak pemasok. Anda hanya perlu melakukan promosi dan menambahkan produk ke katalog toko.

  • Minim Biaya

Dapat dikatakan minim biaya dikarenakan anda hanya mengeluarkan kuota internet saja. Selain itu, tidak banyak modal yang perlu anda keluarkan jika anda menggunakan jasa platform dropship yang gratis. Jika anda menggunakan jasa platform berbayar, maka anda perlu mengeluarkan biaya pendaftaran. Selain itu, anda tidak perlu menyetok barang. Jika terdapat pembeli, anda langsung memesan kepada pemasok.

Jika terdapat produk di toko anda yang kurang populer, anda dapat menghapusnya dan mengubah jenis produk yang akan dijual.

  • Tidak Perlu Gudang

Untuk menyimpan barang yang akan dijual, anda tidak memerlukan gudang. Karena, barang tersebut akan langsung dikirimkan oleh pemasok kepada konsumen secara langsung.

Dengan tidak adanya gudang, anda tidak perlu tenaga atau sistem untuk mengelola produk dalam gudang tersebut. Artinya, anda dapat meminimalkan biaya operasional.

  • Pilihan Produk Melimpah

Pilihan produk melimpah jika anda memilih untuk memulai bisnis dropship. Hal ini dikarenakan anda tinggal memilih produk apa yang akan anda jual dan memilih pihak pemasok yang memiliki produk tersebut. Usahakan memilih produk yang anda sukai dan kuasai supaya saat melakukan promosi anda dapat mempromosikannya lebih meyakinkan.

  • Fleksibel

Dalam mengerjakan bisnis dropship, waktu yang dihabiskan fleksibel. Jadi, anda bebas untuk menentukan kapan saja waktunya. Untuk anda yang memanfaatkan sosial media, usahakan untuk melakukan posting pada jam istirahat kantor atau waktu sebelum tidur karena banyak yang menggunakan smartphone pada jam-jam tersebut.

  • Resiko Rendah

Kenapa resiko bisa rendah? Sebab, anda tidak perlu khawatir jika barang anda tidak laku karena anda tidak perlu melakukan stok barang. Anda hanya perlu menghubungi pemasok atau supplier ketika terdapat orderan masuk.

  • Memiliki label sendiri

Sebagian besar layanan dropshipping memberikan kebebasan kepada dropshipper untuk memberikan label sendiri. Oleh karena itu, pelanggan anda tidak perlu mengetahui bahwa anda adalah seorang dropshipper.

  • Tidak Dituntut Memiliki Kemampuan Tinggi

Jika anda memilih menjadi seorang dropshipper, anda tidak perlu membangun sistem bisnis yang membingungkan. Anda cukup memilih partner dropshipping yang baik.

Kekurangan Bisnis Dropshipping

bisnis dropshipping
Photo by Free-Photos from Pixabay

Meskipun bisnis dropshipping terdengar bagus, terdapat beberapa kekurangan dalam bisnis ini, yakni:

  • Kompetisi yang Tinggi

Bisnis dropshipping terdengar muudah dan bagus untuk dijalani. Namun, karena banyak orang yang berpikiran sama membuat bisnis ini sangat kompetitif.

  • Keuntungan Rendah

Persaingan yang banyak tersebut membuat keuntungan menjadi rendah karena para pelaku dropshipper akan menawarkan harga terendah pada produk yang cukup populer. Dalam hal ini, anda perlu melakukan banyak penghematan demi mengimbangi margin laba yang rendah. Sedangkan di pihak lain, anda memiliki banyak pesaing dalam setiap penjualan.

  • Bergantung Pada Produsen

Sebagai dropshipper, anda tentu sangat bergantung pada produsen atau pemasok. Para pemasok tersebut memiliki kendali penuh atas pengiriman atau pun pengembalian barang.

  • Tingkat Kepuasan Pelanggan

Anda juga akan bingung menanggapi ketidakpuasan pelanggan terhadap produk yang dikirmkan. Hal ini terjadi dikarenakan anda tidak melihat secara langsung kualitas produk yang dirkirimkan mengingat barang tersebut langsung dikirim oleh produsen.

  • Sulit Membangun Merek Sendiri

Bisa jadi, anda akan kesulitan untuk membangun merek sendiri jika anda ingin memiliki produk dengan merek sendiri. Jika anda berbisnis dropshipper, anda akan menjual berbagai produk bisnis milik orang lain sehingga tidak ada ciri khas anda dalam produk tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!