Apa itu Etika Bisnis? Berikut Penjalasannya

Apa itu Etika Bisnis?

Etika tentu saja sebuah hal yang tidak dapat lagi dilepaskan dalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial dan beradab. Etika adalah sebuah nilai yang tergabung dan tata cara bagaimana kita hidup dalam lingkungan masyarakat.

Dalam berbisnis, etika merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda miliki. Etika dalam bisnis disebut sebagai etika bisnis. Etika bisnis berguna untuk membantu pebisnis dalam mengelola dan menjalankan roda bisnisnya. Lalu, apa saja yang dimaksud etika bisnis? Berikut akan kami jelaskan untuk Anda apa itu pengertian dari etika bisnis.

Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis adalah cara atau aturan untuk melakukan kegiatan bisnis yang di dalamnya mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat. Etika berperan penting dalam pembentukan moral, nilai, dan perilaku karyawan maupun pimpinan demi menciptakan hubungan yang adil dan sehat dengan mitra kerja, para pemegang saham, maupun masyarakat.

Etika bisnis suatu perusahaan tentu sudah sesuai dengan hukum yang diberlakukan dalam negara tersebut. Selain itu, etika bisnis juga tidak bergantung pada kedudukan individu atau pun perusahaannya dalam masyarakat. Etika bisnis dijadikan sebagai standar dan pedoman bagi setiap pekerja untuk melaksanakan pekerjaannya sehari-hari.

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

Kata ‘Etika’ sendiri diambil dari Bahasa Yunani ethos yang berarti timbul dari kebiasaan. Etika juga bagian dari sebuah filsafat yang berkaitan dengan nilai-nilai mengenai baik dan buruknya suatu tindakan dalam kesusilaan. Oleh karena itu, terdapat kaitan antara etika dengan sistem nilai bagaimana manusia hidup yang terwujud dalam pola perilaku dan dilakukan secara berulang.

Berikut beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai etika bisnis:

  • Steade Et Al

Menurut Steade Et Al, etika bisnis adalah standar etika yang di dalamnya berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis.

  • Velasques

Menurut Velasques, etika merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini mengkhususkan diri pada standar moral sebagaimana yang diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

  • Hill dan Jones

Menurut Hill dan Jones, etika bisnis adalah suatu ajaran yang di dalamnya membedakan antara yang salah dan benar. Di mana etika bisnis juga berkedudukan sebagai bekal untuk pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang di dalamnya terkait masalah moral yang kompleks.

  • Yosephus

Yosephus berpendapat bahwa etika bisnis secara hakiki merupakan Applied Ethics (etika terapan). Di sini, penggunaan etika dalam berbisnis merupakan wilayah penerapan prinsip-prinsip moral umum pada wilayah yang berkaitan dengan tindakan manusia dalam bidang ekonomi seperti bisnis.

Jadi, secara hakiki sasaran dari etika bisnis adalah perilaku moral pebisnis yang mencakup kegiatan ekonomi.

  • Brown dan Petrello

Brown dan Petrello menyatakan bahwa bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jika kebutuhan suatu masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkatkan perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut sambil memperoleh.

  • Bertens

Menurut Bertens, etika bisnis lebih luas dibandingkan dengan ketentuan yang diatur oleh hukum. Bahkan, kedudukan standar etika bisnis lebih tinggi dibandingkan dengan standar minimal ketentuan hukum. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan bisnis sering kali ditemukan wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum.

  • Muslich

Muslich berpendapat bahwa etika bisnis adalah suatu pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang di dalamnya memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal.

  • Sumarni

Menurut Sumarni, etika bisnis berkaitan dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu kepada kebenaran atau kejujuran perusahaan.

Demikianlah pengertian mengenai etika bisnis. Semoga membantu!

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!